JalanKitaBersama

"Katakanlah(Muhammad), 'Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan yakin, Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik'"
(Yusuf:108)




Al-Quran - Al-Hal wal Murathal

Thursday, February 11, 2010
Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yg bertanya kpd Rasulullah SAW  "Wahai Rasulullah amalan apakah yg paling dicintai Allah ? Beliau menjawab "Al-Hal wal Murtahal ." orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yg membaca al-Quran dari awal hingga akhir.Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR.Tirmidzi)
Generasi Sahabat dapat menjadi generasi terbaik adalah karena mereka memiliki ihtimam yg sangat besar terhadap alqu'ran...

Sayid Qutub menyebutkan tiga yg menjadi rahasia mereka menjadi generasi terbaik seperti itu: 

pertama, karena mereka menjadikan alqur'an sbg satu-satunya sumber pegangan hidup, sekaligus membuang jauh-jauh berbagai sumber-sumber kehidupan lainnya. 

kedua, ketika membacanya mereka tidak memiliki tujuan-tujuan untuk tsaqafah,pengetahua n,menikmati keindahan ataupun tujuan-tujuan lainnya.Namun tujuan mereka hanya semata-mata untuk mengimplementasikan apa yg diingkan Allah dalam kehidupan mereka. 

ketiga, mereka membuang jauh-jauh segala hal yg berhubungan dgn masa lalu ketika jahiliyah. Mereka memandang bahwa islam merupakan titik tolak perubahan, yg sama sekali terpisah dgn masa lalu, baik yg bersifat pemikiran ataupun kebudayaan. 

Tilawah quran, itulah kunci utama kesuksesan mereka. Imam Syahid Hasan al-banna mengatakan, "Usahakan agar anda memiliki wirid harian yg diambil dari kitabullah minimal satu juz/hari dan berusahalah agar jangan mengkhatamkan al-qur'an lebih dari sebulan dan jangan kurang dari tiga hari."

Ibnu Shalah ra mengatakan, "Membaca Al-Qur'an merupakan kemuliaan, dengan kemuliaan itu Allah hendak memuliakan manusia. Bahkan Malaikat pun tdk pernah diberi kemuliaan semacam itu, malah mereka justru selalu berusaha mendengarkannya dari bacaan manusia."

Semoga Allah swt selalu meneguhkan keikhlasan kita untuk selalu dekat dgn alquran, minimal tausiyah ini mampu meredam kegalauan kita yg hampir setiap waktu ber-irisan dengan kesibukan duniawi...

Wallhu'alam bis showab

Akh Deri

0 comments: